Selasa, 16 April 2013

Bisnis Modal Kecil

Berbicara tentang memulai bisnis,banyak orang terhenti langkahnya karena merasa tidak memiliki modal untuk memulainya
“saya sebenaarnya ingin menjadi pebisnis,tapi saya tidak memiliki modal”
Modal yang dimaksud adalah uang cash. Benarkah uang cash adalah syarat utama memulai bisnis? Sebuah angka statistik membuktikan bahwa 50% tutup sebelum tahun yang kedua, 80% tutup sebelum tahun yang ke-5. Dan menariknya utk dicermati,ternyata salah satu penyebab mereka Gulung Tikar dalam usia yang sangat muda adalah “Easy Money”,uang dan kredit yang didapat.
Ternyata Easy Money membuat pebisnis Bodoh. Dengan uang yang mudah didapat sebagai permodalan mereka memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menutupi kesalahan-kesalahan dalam berbisnis. Misal seorang sales yang tiddak mencapai target,piutang tidak tertagih, ketika pendapatan tidak dapat menutupi biaya yang harus dikeluarkan. Maka dengan adanya Easy Money merekan akan merasa baik-baik saja,ini karena selalu dapat menutup kekurangan cash flow tanpa melakukan perbaikan kinerja. Perbaikan Foundamental.
Mereka memimpin dengan uangnya sampai satu titik bisnis mereka benar-benar berhenti karena beban keuangan sudah sangat dalam sedangkan kinerja bisnisnya tidak pernah membaik seperti yang dibayangkan.
Para pemula menganggap uang adalah kunci sukses bisnis,kenyataanya justru uang adalah menjadi pembunuh bisnis,uang yang mudah membuat Entrepreneur BODOH. Kalau kita lihat para pebisnis sukses sebagian besar mereka justru memulai bisnis dengan serba kekurangan modal inilah yang membuat mereka berfikir kreatif karena tidak ada pilihan kecuali harus meningkatkan kinerja perusahaan untuk bertahan hidup dan berkembang.
Mereka memulai usaha dengan modal seadanya,mengumpulkan uang lewat bisnis kecil dam melangkah ke bisnis selanjutnya yang lebih besar.
Meminimalisasi uang cash dalam memulai berbisnis. Seperti Dell Computer yang memulai bisnis hanya denga US1000 dolar dan dalam beberapa tahun membawa Dell Computer menjadi bisnis dengan angka Ratusan juta Dolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar