Rabu, 27 Maret 2013

BELI INDONESIA


MENENGOK SEJARAH PEREKONOMIAN ISLAM
Suatu hari Nabi sholallahualaihiwassalam memerintahkan abdurohman Bin Auf untuk menuasai pasar  Madinah karena pasar itu telah dikuasdai oleh Kapitalisme yang dikelola orang Yahudi. Dan jika tidak mampu menguasainya Rosul memberi alternatif untuk membangun pasar yang sama disebelahnya.secara implisit Rosul berkata bahwa perekonomian pasar madinah ketika itu adalah sistem ekonomi yang merusak kehidupan manusia,maka harus dirubah, apakah merubah secara cepat atau dengan membangun pasar sendiri. Dan jika ummat tidak memiliki atau menguasai pasarnya sendiri maka kehidupanya akan dikuasai oleh orang lain.
Hari ini,yang terjadi di indonesia hampir sama. Ada dua hal yang hilang dari sebagian besar bangsa indonesia,Kecerdasan Ekonomi dan Karakter Unggul. Tidak cerdas ekonomi membuat kita sulit memahami bahwa kita sedang dalam penjajahan bentuk baru,tidak tahu bagaimana caranya membangun ekonomi itu,tidak faham bahwa bangsa asing sedang menguasai kekayaan negeri kita,tidak memahami bahwa kita telah meninggalkan ekonomi kerakyatan. “kehilangan kecerdasan ekonomi ini membuat kita juga tidak cerdas dibidang politik,sosial,budaya,pertahanan dan keamanan.
Membangun pasar sendiri sangat mendesak di wujudkan.Caranya dengan membuat pasar disetiap komunitas dengan menggunakan produk yang dibuat sendiri.jika dalam sebuah komunitas ada anggota A yang memproduksi air minum maka semua anggota komunitas itu harus menggunakan air minum itu,memang tidak bias sekaligus.maka mulailah dengan yang kita bias. Jika kita baru bias memulai dengan satu dua item maka mulailah dengan itu.jika komunitas sudah banyak maka akan terjadi persilangan produk antar komunitas,daerah, wilayah dan seterusnya. Suatu ketika Indonesia akan memiliki pasar sendiri dan berdaulat atas kehidupanya sendiri. Dengan cara ini bukan hanya pasar yang terbanguntetapi pengusaha baru yang akan tumbuh dengan banyaknya orang-orang yang terlibat dalam proses produksi, ditribusi, retail dari produk yang digunakan komunitas itu. Membangun pasar artinya membangun ekonomi kita sendiri.

AYO BELI PRODUK INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar