Jumat, 07 Juni 2013

Kisah Seorang Teman

Seorang teman walaupun umur beliau 2x lipat diatas ummur saya, namun perjalanan bisnis yang beliau jalani begitu menginspirasi.
Al-kisah beliau adalah pensiunan pegawai pos dan sekarang tinggal di Klaten jawa tengah, setelah pensiun Beliau ingin terjun kedunia bisnis tetapi bingung harus memulai dari mana,karena dunia yang selama ini digeluti termasuk zona aman,dengan gaji bulanan dan fasilitas yang disediakan perusahaan, tentunya berbeda dengan dunia bisnis yang penuh dengan ketidak pastian, betapa tidak pasti? Seorang yang asal terjun kedunia bisnis hanya bermodal uang pensiunan tanpa ilmu maka sangat rawan sekali uang yang di investasikan akan lenyap tak berujung. Dunia bisnis lebih berat kessulitanya dibandingkan dunia kerja karyawan(ma’af) sekalipun kita begitu membutuhkan karyawan,pebisnis bukanlah apa2 tanpa adanya karyawan tetapi tingkat resiko bisnis jauh lebih besar.
Suatu saat beliau jalan-jalan ke solo,dan berjumpa dengan seorang penjual Kue Lekker,dan terjadilah percakapan ringkasnya seperti ini
Beliau :sudah lama pak jualan Lekker?
Penjual : hampir 4tahun pak.
Beliau : bapak punya sendiri atau usaha ini punya orang lain?
Penjual :ikut orang pak, ahh mana mungkin saya punya usaha sendiri
Beliau : eee.. bapak sudah tahu cara pembuatanya dari bahan baku sampai proses finishingnya?
Penjual : tentunya tahu pak,proses dari awal sampai akhir
Waaah beliau berfikir ini kesempatan untuk bekerjasama dengan penjual Lekker.
Beliau : mau gak bapak jadi pemilik usaha,punya usaha sendiri,klo mau saya ada tawaran menarik buat bapak
Penjual :kerjasama bagaimana pak? Saya tuh sudah berkali-kali ditawari karyawan Bank xx permodalan, tapi semuanya menurut saya gak ada yang menguntungkan, betapa tidak disaat saya baru memulai usaha saya juga disibukan dengan beban angsuran,usaha saya kan baru, misalkan untungpun mungkin masih sedikit, sementara keluarga saya butuh makan,butuh ini itu....bla...bla...bla...
Beliau dengan sedikit berfikir akhirnya muncul ide kreatif agar kerjasama yang ditawarkan tidak membebani pihak yang lain
Beliau : memang modal yang dibutuhkn berapa pak?
Penjual :2,5jt sampai 3jt itu sudah komplit dari gerobak dan semua peralatan
Beliau :begini pak, kerjasama yang saya tawarkan beda dengan yang lain, saya akan membiayai semua kebutuhan usaha, saya yang tanggung dari A sampai Z dan yang lebih menarik lagi inikan masih tanggal muda,gak mungkin jika bapak keluar maka juragan bapak akan membayar gaji full satu bulan, Nahh untuk itu saya akan bayar gaji bapak bulan ini full jika bapak mau kerjasama dengan saya dan keluar sekarang juga untuk persiapan usaha baru kita
Penjual : saya pikir-pikir dulu pak,dan tanya dulu ke istri saya untuk pertimbangan
Beliau : baik, tiga hari lagi saya akan kemari lagi.
bersambung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar